Anak Susah Makan, Ingin Disuapi ? Gunakan Cara Ini !


Tidak Susah Makan, Gunakan Cara Ini !

Buat ibu-ibu yang lagi bingung, tentu gemas sekali rasanya menghadapi anak yang susah makan. Tentu, tata cara makan mesti diajarkan & dibiasakan terhadap anak sesegera mungkin. Seperti memperkenalkan makanan yang halal dan haram, gimana cara memakai sendok, gimana makan dengan rapi, cara duduk yang tertib saat di meja makan, dan seterusnya.

Anak usia di atas 3 tahun harusnya sudah dapat makan sendiri tidak perlu disuapi. Barangkali orang tua & pengasuh tak sabaran mendampinginya menuntut ilmu makan sendiri. Karena tak ingin repot, sering terjadi orang tua & pengasuh memilih untuk menyuapi anak, sehingga anak menjadi terbiasa disuapi. Tidak disuapi, anak tidak ingin makan. Padahal aspek ini mampu menghambat pertumbuhan anak dalam elemen kemandirian.
Sangat baik sekali kalau anak membawa sendiri makanan di dikala dirinya lapar. Tandanya beliau paham bahwa tubuhnya membutuhkan makanan, pas bersama porsinya sendiri. Buat memaksimalkan tradisi makannya, ada hal-hal yg sanggup dilakukan :
  • Berilah pengajaran kepada anak untuk makan di meja makan
  • Makanlah bersama anak atau mendampingi dia. Hindari menyuruh-nyuruh anak buat cepat-cepat menghabiskan makannya. Keterburu-buruan dapat menciptakan anak muntah sementara suasana makan tentu menjadi tak menyenangkan.
  • Belajarlah bersabar & mintalah anak utk makan sendiri. Awalnya memang susah, tetapi perihal ini wajar dalam menempa kebiasannya.
  • Nasehati anak untuk makan dengan rapi. Apabila cara makannya berantakan, minta anak membereskan makanannya. Cara ini mengajarkan anak untuk bertanggungjawab terhadap perbuatannya.
  • Janganlah menyamaratakan porsi anak bersama porsi orang dewasa. Sebaiknya menyediakan makanan dalam porsi mungil lebih dahulu. Terlebih bila dirinya dipaksa menghabiskan semuanya dalam tempo relatif singkat.
  • Apabila anak telah menghabiskan makanannya, berikan pujian. Ini dapat memotivasinya untuk menunjukkan terhadap dunia bahwa dirinya dapat makan sendiri.
  • Buatlah tempilan makanan yang menggugah selera.
  • Hindari memberikan camilan berat sebelum atau pada saat makan, supaya anak tidak kekenyangan, sebelum menghabiskan makan.
Mudah-mudahan panduan di atas berguna untuk anak yang susah makan & mampu menciptakan suasana makan jadi makin menyenangkan. Selamat mencoba. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar