Anak Susah Makan, Jangan-jangan 3 Alasan ini Penyebabnya

Anak Susah Makan, Jangan-jangan 3 Alasan ini Penyebabnya

Setiap anak memiliki ciri khas dan alasan yang berbeda dalam mengenal makanan. Cara  membujuk seorang kakak untuk segera makan, belum tentu sama dengan seorang adik.  

Nah, sebelum berpikir hal-hal yang lain, paling penting pertama harus dilakukan orang tua agar anak mau makan adalah dengan cara memvariasikan makanan, membuat menu baru dengan rasa baru, melakukan penyajian makan yang menarik, dan jangan bosan untuk menawarkan kepada anak Anda berulang kali, walaupun anak sering menolak. Secara perlahan, anak akan dapat beradaptasi dengan makanan setelah beberapa kali pemberian.

Apabila anak masih susah untuk makan, atau menolak menu yang telah disajikan, mungkin 3 alasan ini penyebab anak tidak mau makan :
  • Menjelang jam makan, anak terlalu memakan cemilan yang padat kalori, seperti coklat, snack, permen, minuman ringan. Sehingga, pada saat jam makan, anak susah kekenyangan.
  • Terlalu banyak minum susu. Tidak sedikit keluarga yang menganggap bahwa susu adalah minuman "dewa" yang sanggup menggantikan posisi nasi, lauk-pauk dan sayur-sayuran. Padahal, setelah anak berusia lebih 1 tahun, meminum susu 2 gelas sehari sudah cukup. Susu hanya utk memenuhi keperluan kasium dan forsor saja. Bahkan, makanan seperti ikan-ikan, buah dan sayur juga memiliki kandungan dan forfor.
  • Anak yang berusia di atas 1 tahun sedang aktif-aktifnya bermain, dan senang menambah ilmu yang ada di alam lingkungannya. Anak biasanya terganggu dengan jam makan yang telah ditentukan. Apabila, anak susah untuk makan, boleh mencoba untuk menyuapinya pada saat ia sedang bermain. Rata rata anak sedang gemar hatinya & ingin disuapi makanan.

Yang penting diingat baik-baik oleh orang tua adalah seberapa pun anak susah makan, dia tak ingin membiarkan dirinya kelaparan. Berpikir kreatif untuk memasak dan menyajikan makanan, tentunya akan meningkatkan cita rasa pada diri sang anak. Membina komunikasi yang baik, mendalami keadaan anak, dan bersabar adalah kewajiban orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar